Minggu, 31 Maret 2013

Ringkasan Kotbah Kebaktian Paskah @Balai Samudera 29/3/2013


1. Pak Agung (Yohanes 13)
Hati-hati dengan roh yudas, roh yudas itu adalah :

a. roh yang hitung2an dengan uang/semuanya didasari dengan uang.

Enam hari sebelum Paskah Yesus datang ke Betania, tempat tinggal Lazarus yang dibangkitkan Yesus dari antara orang mati. Di situ diadakan perjamuan untuk Dia dan Marta melayani, sedang salah seorang yang turut makan dengan Yesus adalah Lazarus. Maka Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu. Tetapi Yudas Iskariot, seorang dari murid-murid Yesus, yang akan segera menyerahkan Dia, berkata: "Mengapa minyak narwastu ini tidak dijual tiga ratus dinar dan uangnya diberikan kepada orang-orang miskin?" (Yohanes 12:1-5)

b. roh yang hobi memanfaatkan/memanipulasi keadaan untuk kepentingan dirinya sendiri.

Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya. (Yohanes 12:6)

c. Roh kepalsuan yang mengerikan. 

Waktu Yesus masih berbicara datanglah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia." Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Salam Rabi," lalu mencium Dia. Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Hai teman, untuk itukah engkau datang?"Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya.


Hari-hari ini beresi hatimu yang ga bener..misalnya masih punya luka, krn kalo hati kita ga bener, saat kairos Tuhan dateng kita bisa jadi 'monster' yang mengerikan! 

2. Bu Iin :

dibahas tentang Petrus

Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu seperti gandum, tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu." Jawab Petrus: "Tuhan, aku bersedia masuk penjara dan mati bersama-sama dengan Engkau!" Tetapi Yesus berkata: "Aku berkata kepadamu, Petrus, hari ini ayam tidak akan berkokok, sebelum engkau tiga kali menyangkal, bahwa engkau mengenal Aku." 

kita harus belajar tau diri dan kenal diri kita sendiri. Petrus terlalu mempercayai dirinya sendiri ketimbang percaya sama Tuhan. Kita harus bener2 mengerti siapa diri kita. Sesungguhnya hari-hari ini, kita harus terus belajar menaikkan bobot/kualitas kita dan memperbesar wadah/tempayan kita. Gunakan waktu anugerah yang ada ini dengan maksimal. PUSH ON!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar